fbpx
 

5 Faktor Yang Dianggap Kurang Penting dalam Web Design

5 Faktor Yang Dianggap Kurang Penting dalam Web Design

Membuat sebuah Website adalah bukan hanya memikirkan membuat website murah dengan biaya serendah-rendahnya. Tetapi banyak faktor-faktor yang sangat menentukan khususnya hal-hal yang bisa membuat pengunjung Website anda nyaman dan ingin terus menjelajah di Website anda. Itu yang kita namakan User Experience atau sering disebut dengan UX. Anda mungkin sudah mengetahui beberapa faktor penting yang bisa membuat anda nyaman dan ingin berlama-lama menjelajah diwebsite anda, seperti seberapa cepat loading sebuah website, seberapa mudah pengunjung melakukan navigasi di website anda, seberapa banyak iklan yang website anda miliki, konten atau informasi apa yang dimiliki oleh Website tersebut.

Apa yang mungkin anda belum ketahui sebagai tambahan dari sebagian besar komponen tersebut, adalah banyaknya hal-hal kecil yang mungkin kita selalu lupakan, hal-hal yang sering diabaikan karena hanya mengejar Optimisasi mesin pencari. Pada kesempatan ini, saya akan membahas hal-hal tersebut dan semoga bisa membantu kalian sebagai Pemilik Website ataupun Web Developer untuk bisa membawa dampak yang luar biasa bagi pengembangan website anda selain dari faktor ranking.

Warna Apa yang Anda Gunakan

Skema Warna WebsitePikirkan tentang sesuatu: apa yang anda ingin pengunjung Website anda rasakan ketika menjelajah di website anda? Apakah Anda ingin mereka menjadi energik dan bersemangat, atau dingin? Apakah Anda ingin mereka menjadi santai, atau bersemangat?

Skema warna dari Website Anda dan citra merek dagang Anda adalah merupakan faktor penentu utama dalam bagaimana orang merasa ketika mereka berada pada halaman Website anda. Warna merah, misalnya, bersemangat dan kuat, itu memerintahkan perhatian. Biru menyiratkan kepercayaan, ketenangan, dan kecerdasan.

Pilih skema warna atau set warna yang tidak hanya melengkapi satu sama lain, tapi emosi seperti perjalanan pulang kerumah, kangen berkumpul dengan keluarga, adalah jenis emosi yang anda inginkan dari pelanggan yang paling setia.

Psikologi Warna benar-benar berperan dalam bagaimana kita memandang website, dan kesan yang kita dapatkan tentang mereka dalam beberapa detik pertama. Sementara sebagian besar situs berbuat salah di sisi lainnya karena terlalu berhati-hati dan memilih latar belakang biru khas dan area konten putih, pilihan populer ini juga membuat lebih sulit bagi Website Anda sendiri untuk keluar dari keramaian. Dalam beberapa tahun terakhir, sudah banyak lonjakan-lonjakan berani seperti penggunaan warna cerah dan sederhana.

Berikut beberapa panduan seperti dari One Extra Pixelatau dari User Testingatau dari Usability Geek yang bisa memberika pendangan yang lebih baik tentang bagaimana Psikologi Warna dapat mengubah Pengalaman dalam menjelajah sebuah Website. Saya menyarakan untuk membaca semuanya dan memikirkan kembali tentang warna yang anda akan gunakan. Maaf jika Link tersebut hanya tersedia dalam Bahasa Inggris.

Nama Domain Yang Kita Gunakan

Silahkan membandingkan dua contoh nama domain yang digunakan oleh Restaurant ini (Domain ini adalah hanya sebagai contoh dan bukan domain sebenarnya).

http://rendangku.com
http://makanan-indonesia-yang-enak.com

Dari dua contoh diatas, anda memilih makan di Rumah Makan yang mana? Dan website yang mana yang kira-kira anda lebih ingin kunjungi?

Jika anda adalah seperti 99% orang-orang di Internet, maka anda akan memilih yang pertama, pada umumnya karena lebih mudah untuk diingat dan lebih terfokus pada suatu produk bukan secara general.

Nama domain anda adalah sama halnya merek dagang digital anda. Hal pertama yang akan diketahui dan diingat oleh orang-orang, dan bagaimana mereka akan mengunjungi Website anda lagi kedepannya jika mereka memutuskan untuk kembali.

Penelitian yang dilakukan oleh Microsoft Reserach pada tahun 2011, adalah menegaskan hal ini. Menurut temuan tim peneliti tersebut, website dengan nama domain tyang kredibel dan terpercaya memiliki keuntungan. Para pencari memperhatikan URL mereka sebelum mengklik link tersebut, yang berarti bahwa Website dengan nama domain yang buruk dapat membuat kewaspadaan bahkan sebelum mereka melihat Website Anda (jika mereka bahkan melakukannya).

Gambar dan Branding

Bukan hanya warna yang bisa membuat dampak bagaimana orang merasa tentang Website Anda tentu saja. Gambar yang Anda gunakan dan bagaimana Anda meletakkan gambar-gambar tersebut, juga mengubah cara orang merasa dan terlibat dengan konten Website Anda. Menggunakan gambar yang tepat dapat mendatangkan lebih banyak pelanggan setia.

Menggunakan gambar yang salah akan berdampak sebaliknya.

Saya akan mengatakan bahwa pengguna saat ini tidak suka dibohongi. Mereka tidak suka merasa seolah-olah mereka telah dimanipulasi atau diperlakukan seperti orang bodoh. Jika bagian dari strategi pemasaran online Anda bahkan samar-samar melibatkan sesuatu kecurangan seperti biaya tersembunyi, perjanjian membingungkan, dll, itu hanya akan membuat dampak negative buat Website anda.

Orang-orang akan mulai merasa seolah-olah mereka tidak dapat mempercayai usaha Anda dan mereka akan mulai berpindah ke kompetitor anda, bisnis yang mereka rasa tidak akan membohongi mereka atau memperlakukan mereka sebagai dompet yang dapat dibuang.

Font yang Anda Gunakan

Gaya dan ukuran font akan sangat berdampak pada website Anda apakah mudah dibaca atau tidak. Website yang mudah dibaca berdampak pada User Experience atau Pengalaman Pengguna. Sepertinya cukup mendasar kan?

Gaya Font tampaknya lebih menjadi preferensi dari seorang desainer daripada yang akan menyebabkan penjualan pada Website anda, tapi sangat layak untuk diperhatikan. Dulu, jika ukuran font terlalu kecil, pengguna hanya akan meninggalkan dan melakukan pembelian mereka di tempat lain. Hari ini, sebagian besar browser modern memungkinkan pengguna mereka menyesuaikan ukuran teks yang mereka inginkan, meskipun banyak orang tidak tahu bahwa ini bahkan mungkin. Terlebih lagi, membaca font dengan “kaki” di tepi huruf (seperti Times New Roman dan Courier) membuat mata kita lebih cepat lelah dimonitor, membuat Arial atau Verdana (font tanpa “kaki” pada mereka) pilihan yang lebih baik.

Satu kata terakhir sebagai nasihat. Jika Anda ingin dianggap serius dalam kapasitas apa pun, jangan pernah menggunakan Font Comic Sans. Jangan sekali-kali bahkan untuk memikirkannya.

Kata Penutup

Segala sesuatu tentang Website Anda, mulai dari kekhasan grafis terkecil hingga ke halaman dengan traffic yang tinggi, mempengaruhi bagaimana orang merasa tentang pengalaman mereka tersebut. Dengan memahami faktor-faktor yang baik yang bisa mempertahankan User Experience atau Pengalaman Pengguna yang positif, Anda bisa melengkapi diri anda sebagai webmaster dengan kapasitas untuk menyediakan User Experience yang lebih baik, hal sederhana yang mengarah ke lebih banyak penjualan, pengguna lebih puas, dan merek dagang yang sehat secara keseluruhan.

Tags: ,

Author by : H.G. Ramadhan

H.G. Ramadhan adalah Technical Support Manager dari Herza.ID. Memiliki pengalaman didunia IT kurang lebih 18 tahun. Memiliki Sertifikasi dari RedHat Certified System Administrator (RHCSA) dan cPanel Professional Certified (CPC). H.G. Ramadhan senantiasa selalu membuat Konten Artikel yang menarik yang bisa membantu Anda dalam mengelolah Layanan Anda di Herza.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.