fbpx
 

Apa itu cPanel? Penjelasan Lengkap!

Apa itu cPanel? Penjelasan Lengkap!

Penjelasan Tentang cPanel

Kami sering ditanya apa itu cPanel Hosting.

cPanel pada dasarnya adalah Kontrol Panel untuk memudahkan pengguna dalam menajemen layanan hosting. Yang hebat adalah bahwa hal itu memungkinkan orang-orang non teknis sekalipun untuk mengelola semua aspek web hosting mereka tanpa perlu keterampilan teknis tingkat lanjut.

Kebanyakan orang akan menggunakan cPanel untuk tugas-tugas dasar sehari-hari seperti mengelolah dan mengatur email mereka. Tugas seperti membuat akun email, mengatur ulang kata sandi, mengatur penerusan surat sangat mudah dengan cPanel.

Beberapa fitur populer lainnya dari cPanel adalah seperti mengatur parkir domain tempat Anda mengarahkan satu nama domain ke nama domain lain atau domain tambahan yang mana Anda dapat meng-host beberapa nama domain di bawah satu akun hosting.

Keuntungan dari cPanel

cPanel sangat populer untuk layanan Web Hosting Murah dan untuk tugas administrasi sehari-hari dari VPS dan Dedicated Server. Berikut ini beberapa keunggulan utama:

  • Sangat Populer dan User Friendly – cPanel cukup banyak panel kontrol standar industri untuk host Linux.
  • Scalable – cPanel dapat digunakan untuk Shared Hosting, Reseller Hosting, Virtual Private Server, dan Dedicated Server.
  • Untuk para penyedia Web Hosting, VPS dan Dedicated Server, administrasi server cpanel dilakukan melalui WHM cPanel.
  • Biaya Rendah – lisensi cPanel tidak mahal. Jika Anda menggunakan platform hosting bersama, maka perusahaan hosting Anda (yaitu Herza.ID) yang akan membayar lisensi.
  • Beberapa batasan Lisensi – cPanel memiliki beberapa jenis Lisensi. Mulai dari 5 Akun, 30 Akun hingga Akun yang Tidak terbatas sekalipun. Dengan macam lisensi yang ditawarkan cPanel, anda dapat membeli sesuai denga kebutuhkan Anda.
  • Mudah untuk menginstal – Setelah instalasi Linux Server Anda berhasil, Anda hanya perlu menjalankan skrip instalasi cPanel dan semuanya akan berjalan secara otomatis
  • Aman dan Mudah Dipelihara – Menjaga agar cPanel tetap terbaru dan aman sangat mudah.
  • Intuitif dan Mudah Digunakan – cPanel memiliki kurva belajar yang mudah meskipun memiliki fitur-fitur canggih, para pemula akan merasa mudah untuk melakukan tugas-tugas utama seperti membuat akun email
  • Fitur Lengkap – cPanel memungkinkan administrator website untuk dengan cepat menambahkan fungsionalitas tambahan ke website mereka menggunakan perangkat lunak instalasi 1 klik seperti Softaculous. Menambahkan blog atau perangkat lunak eCommerce sangat mudah.
  • Portabilitas (Proses Migrasi Mudah) – Migrasi dari satu server cPanel ke server lain sangat mudah. Ini penting jika Anda perlu mentransfer hosting Anda dari satu perusahaan ke perusahaan lain.
  • Mudah dalam urusan Backup – cPanel menyertakan sejumlah opsi backup untuk melindungi data berharga Anda. Ini juga terintegrasi dengan perangkat lunak cadangan pihak ke-3 seperti r1soft / idera.
  • Layanan Nilai Tambah – cPanel memiliki banyak Aplikasi Pihak ke-3 yang dapat dimasukkan untuk menambah nilai tambah pada penawaran layanan Anda jika Anda menggunakan VPS atau Dedicated Server.

cPanel memiliki banyak fitur. Jika Anda adalah pengguna pemula maka Anda mungkin hanya perlu terbiasa dengan menu menu dalam cPanel. Berikut adalah beberapa fitur utama yang perlu Anda bangun dan jalankan.

Manajemen Email

cPanel memudahkan pengelolaan email Anda. Membuat, Mengedit, dan Menghapus akun email mudah dilakukan dengan cPanel. Anda dapat mengubah kata sandi, mengatur kuota akun email dan mengonfigurasi akun email Anda dengan email favorit Anda seperti Outlook. Anda bahkan dapat mengonfigurasi email Anda untuk masuk ke akun GMail Anda. Jika Anda ingin mengakses email saat bepergian maka Anda dapat dengan mudah melakukannya menggunakan webmail dari perangkat yang terhubung internet.

Manajemen file

cPanel memiliki seperangkat alat Manajemen File yang komprehensif. Meskipun bukan pengganti alat FTP profesional, ini memungkinkan Anda untuk mengunggah file, membuat atau menghapusnya, mengatur file Anda di folder serta memungkinkan Anda untuk mengubah izin file. Secara keseluruhan itu memberi Anda fitur dasar yang Anda perlukan untuk mengelola file Anda. Anda juga dapat mengelola cadangan dari File Manager cPanel, apakah Anda ingin menjalankan cadangan penuh atau sebagian.

1 Klik Instal Software (Softaculous)

Softaculous adalah alat yang fantastis yang memungkinkan Anda untuk menginstal ratusan aplikasi perangkat lunak secara otomatis ke akun hosting Anda, hanya dengan beberapa klik. Apakah Anda ingin membuat Blog WordPress, situs eCommerce Magento atau Forum PHPBB.

Manajemen Domain

Di cPanel Anda memiliki seperangkat alat yang hebat untuk mengelola domain Anda secara efektif. Misalnya, Anda dapat mengatur domain yang terparkir untuk mengarahkan semua domain yang Anda miliki, atau membuat domain Addon untuk menekan biaya hosting Anda. Anda juga dapat mengatur subdomain, mengalihkan dan mengelola pengaturan zona DNS Anda melalui cPanel.

Keamanan

Ketika berbicara tentang keamanan, cPanel ada diantaranya. Jadi apakah Anda ingin menginstal Sertifikat SSL (disarankan untuk keamanan dan untuk SEO yang lebih baik), blokir alamat IP atau konfigurasikan ModSecurity yang Anda miliki.

Database

cPanel memiliki serangkaian fitur manajemen basis data. cPanel biasanya dikonfigurasikan dengan MySQL / mariaDB sebagai standar. Anda juga dapat mengelola databse Anda menggunakan PHPmyAdmin.

Perangkat Lunak Lainnya

cPanel juga dilengkapi dengan sejumlah perangkat lunak lain yang bermanfaat yang sudah diinstal sebelumnya. Selain pembuat situs web profesional, ada opsi pemrograman tingkat lanjut seperti NodeJS, Ruby on Rails dan RubyGems.

Alat Lanjutan

cPanel juga memiliki berbagai alat untuk membantu Anda mengelola situs web Anda lebih efektif. Misalnya, Anda dapat mengotomatiskan tugas yang berulang (mis. Membuat faktur harian) menggunakan Pekerjaan CRON. Atau Anda dapat mengatur halaman kesalahan khusus seperti 404 halaman atau memecahkan masalah DNS.

Metrik

Sementara sebagian besar situs web akan menggunakan Google Analytics dan Google Webmaster Tools untuk mendapatkan ikhtisar lalu lintas situs web mereka, cPanel menyertakan beberapa metrik yang berguna untuk Anda seperti Kesalahan, penggunaan bandwidth dan Log Akses Baku.

Mempercepat Load Speed Website – LiteSpeed Web Cache Manager

Semua server hosting cPanel kami menggunakan LiteSpeed Web Server. Ini berarti bahwa pengguna WordPress dapat dengan mudah mengaktifkan Plugin LiteSpeed Cache. LiteSpeed Web Cache Manager terintegrasi dalam cPanel dan membantu untuk:

  • Situs pemuatan yang lebih cepat – hingga 2x lebih cepat
  • Penggunaan Bandwidth yang lebih sedikit
  • Peningkatan Keamanan – CloudFlare mengenali dan mencegah serangan jahat

Langkah selanjutnya cukup sederhana! Mulailah dengan mengklik tombol Scan, ini akan menemukan semua instalasi WordPress aktif:

Terakhir, setelah instalasi WordPress ditemukan, pastikan untuk memilih yang ingin Anda aktifkan dan klik Aktifkan:

Kami harap tutorial ini bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui tentang apa itu cPanel dan manfaatnya.

Terima kasih telah membaca dan silahkan meninggalkan pertanyaan Anda di bawah ini untuk selalu menyambung silaturahmi.

Author by : H.G. Ramadhan

H.G. Ramadhan adalah Technical Support Manager dari Herza.ID. Memiliki pengalaman didunia IT kurang lebih 18 tahun. Memiliki Sertifikasi dari RedHat Certified System Administrator (RHCSA) dan cPanel Professional Certified (CPC). H.G. Ramadhan senantiasa selalu membuat Konten Artikel yang menarik yang bisa membantu Anda dalam mengelolah Layanan Anda di Herza.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published.