fbpx
 

Apa itu Domain & Web Hosting?

Apa itu Domain & Web Hosting?

Kami sering diminta oleh banyak orang untuk menjelaskan apa perbedaan antara nama domain dan hosting web? Banyak pemain bisnis online pemula tidak tahu bahwa ini adalah dua hal yang berbeda. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan perbedaan antara nama domain dan web hosting.

Perbedaan antara nama domain dan hosting web

Apa itu Nama Domain?

List Nama Domain

Nama domain adalah alamat situs website Anda yang diketik orang di kolom URL browser untuk mengunjungi situs web Anda, contoh www.abc.com.

Dengan kata lain, jika website Anda adalah rumah, maka nama domain Anda akan menjadi alamatnya.

Sekarang mari kami jelaskan secara lebih terperinci mengenai hal tersebut.

Internet pada dasarnya adalah jaringan raksasa komputasi yang saling terhubung melalui kabel. Untuk mengidentifikasi mereka dengan mudah, setiap komputer diberi serangkaian nomor yang disebut Alamat IP (Internet Protocol).

Alamat IP ini adalah kombinasi angka yang dipisahkan dengan titik-titik. Biasanya, alamat IP terlihat seperti ini:

147.139.165.25

Komputer tidak memiliki masalah dalam mengidentifikasi dan mengingat angka-angka ini. Namun, tidak mungkin bagi manusia untuk mengingat dan menggunakan angka-angka ini untuk mengunjungi website Anda di internet.

Untuk mengatasi masalah ini, maka diciptakanlah Nama Domain.

Nama domain dapat memiliki kata-kata yang membuatnya mudah diingat sebagai alamat situs website.

Sekarang jika Anda ingin mengunjungi sebuah Website di internet, Anda tidak perlu mengetikkan serangkaian angka. Sebagai gantinya, Anda dapat mengetikkan nama domain yang mudah diingat, misalnya, www.herza.id.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang nama domain, lihat panduan kami tentang nama domain dan bagaimana cara kerjanya.

Apa itu Web Hosting?

Ilustrasi Web Hosting

Ketika Nama Domain dapat kita ibaratkan sebagai alamat sebuah rumah, maka Web Hosting adalah Rumah itu sendiri. Web hosting adalah tempat dimana semua file-file website anda ditempatkan dan ditampilkan di Internet. Semua Website di internet, memerlukan Web Hosting.

Ketika seseorang memasukkan nama domain Anda di kolom URL pada browser, nama domain akan diterjemahkan ke dalam alamat IP komputer perusahaan Web Hosting Anda. Komputer ini berisi file situs web Anda, dan mengirimkan file-file itu kembali untuk ditampilkan ke Browser pengguna.

Perusahaan web hosting berspesialisasi dalam menyimpan dan melayani Website tersebut. Mereka menawarkan berbagai jenis paket hosting kepada pelanggan mereka. Lihat artikel kami di WordPress Hosting untuk mempelajari lebih lanjut tentang memilih hosting yang tepat untuk situs Blog atau Website WordPress Anda.

Bagaimana Nama Domain dan Web Hosting Terkait?

Nama domain dan web hosting adalah dua layanan yang berbeda. Namun, mereka bekerja bersama untuk membuat Website anda dapat ditampilkan di Internet.

Pada dasarnya sistem nama domain seperti buku alamat besar yang terus diperbarui. Di belakang setiap nama domain, ada alamat layanan hosting web yang menyimpan file website tersebut.

Tanpa nama domain, tidak mungkin bagi orang untuk menemukan situs web Anda dan tanpa hosting web Anda tidak dapat membangun website.

Apa yang saya butuhkan untuk Membangun Situs Web? Nama Domain atau Web Hosting?

Layanan Web Hosting

Apa yang Anda butuhkan untuk membangun Website?

Untuk membangun sebuah Website, Anda memerlukan nama domain dan akun Web Hosting.

Membeli nama domain saja hanya memberi Anda hak untuk menggunakan nama domain tertentu untuk jangka waktu tertentu (biasanya 1 tahun).

Anda memerlukan Web Hosting untuk menyimpan file Website Anda. Setelah Anda mendapatkan web hosting, Anda perlu memperbarui pengaturan nama domain Anda dan arahkan ke penyedia layanan hosting web Anda.

Anda juga dapat membeli domain dan hosting dari perusahaan yang sama. Di Herza.ID, kami menawarkan Web Hosting mulai dari Rp. 7.500 / Bulan untuk Kapasitas 750MB dan Nama Domain mulai dari Rp. 15.000 / Tahun untuk pembayaran di tahun pertama.

Jika Anda memulai Website pertama Anda, dan Anda belum bersedia untuk melakukan investasi tersebut, maka silahkan mencoba Web Hosting Gratis dari Herza.ID. Kami menawarkan Web Hosting secara GRATIS dengan kapasitas 750MB dengan sumber daya yang sedikit terbatas. Bahkan kami juga menyediakan penggunaan Domain Gratis yang dapat Anda gunakan bersama dengan Web Hosting Gratis tersebut.

Setelah Anda membeli akun web hosting dan mendaftarkan nama domain Anda, Anda dapat mulai membangun situs web Anda. Untuk petunjuk langkah demi langkah yang lengkap, lihat panduan kami tentang cara membuat situs web.

Apakah saya harus membelinya bersama? Atau bisakah saya membelinya secara terpisah?

Anda dapat membeli nama domain murah dan web hosting secara bersamaan atau dari dua perusahaan yang berbeda. Namun jika Anda membeli Nama Domain dan Akun Web Hosting secara terpisah, dalam hal ini Anda harus mengarahkan nama domain Anda ke perusahaan hosting web Anda dengan mengedit pengaturan DNS-nya.

Di sisi lain, jika Anda membeli nama domain dan Web Hosting dari perusahaan yang sama, maka Anda tidak perlu mengubah pengaturan nama domain karena semuanya telah diatur secara otomatis.

Juga jauh lebih mudah untuk mengelola dan memperbarui kedua layanan di bawah Control Panel yang sama.

Author by : H.G. Ramadhan

H.G. Ramadhan adalah Technical Support Manager dari Herza.ID. Memiliki pengalaman didunia IT kurang lebih 18 tahun. Memiliki Sertifikasi dari RedHat Certified System Administrator (RHCSA) dan cPanel Professional Certified (CPC). H.G. Ramadhan senantiasa selalu membuat Konten Artikel yang menarik yang bisa membantu Anda dalam mengelolah Layanan Anda di Herza.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.