fbpx
 

Cara Membuat User Sudo di CentOS 7

Cara Membuat User Sudo di CentOS 7

Jika Anda dalah pengguna VPS Murah atau Dedicated Server dari Herza.ID, maka Artikel ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu cara mengamankan server linux anda adalah dengan membuat user sudo yang dapat bertindak sebagai user root, tanpa harus login dengan user root.

Perintah sudo menyediakan mekanisme untuk memberikan hak administrator, biasanya hanya tersedia untuk pengguna root, untuk pengguna normal. Panduan ini akan menunjukkan kepada Anda cara termudah untuk membuat pengguna baru dengan akses sudo di CentOS, tanpa harus memodifikasi file sudoer server Anda. Jika Anda ingin mengonfigurasi sudo untuk pengguna yang ada, cukup lewati ke langkah 3.

Tahapan untuk Membuat User Sudo Baru

  1. Masuk ke server Anda sebagai user root.
    ssh root@server_ip_address
  2. Gunakan perintah adduser untuk menambahkan pengguna baru ke sistem Anda. Pastikan untuk mengganti username dengan pengguna yang ingin Anda buat.
    adduser username
  3. Gunakan perintah passwd untuk memperbarui kata sandi pengguna baru tersebut.
    passwd username
    Setel dan konfirmasikan kata sandi pengguna baru saat diminta. Buatlah kata sandi yang susah untuk dikenali!
Changing password for user username.
New password:
Retype new password:
passwd: all authentication tokens updated successfully.
  1. Gunakan perintah usermod untuk menambahkan pengguna ke grup wheel. Secara default, pada CentOS, anggota grup wheel memiliki hak sudo.
usermod -aG wheel username
  1. Uji akses sudo pada akun pengguna baru dengan cara sebagai berikut.
  • Gunakan perintah su untuk beralih ke akun pengguna baru.
    su – username
  • Sebagai pengguna baru, verifikasi bahwa Anda dapat menggunakan sudo dengan menambahkan “sudo” ke perintah yang ingin Anda jalankan dengan hak superuser.
    sudo command_to_run
  • Sebagai contoh, Anda dapat membuat daftar isi direktori / root, yang biasanya hanya dapat diakses oleh pengguna root.
    sudo ls -la /root
  • Pertama kali Anda menggunakan sudo dalam suatu sesi, Anda akan dimintai kata sandi akun pengguna. Masukkan kata sandi untuk melanjutkan.
    [sudo] password for username:
  • Jika pengguna Anda berada di grup yang tepat dan Anda memasukkan kata sandi dengan benar, perintah yang Anda keluarkan dengan sudo harus dijalankan dengan hak akses root.

Demikian Tutorial kali ini, dengan informasi yang singkat dan jelas untuk dapat dimengerti mengenai cara membuat user sudo pada CentOS 7. Jangan lupa untuk membaca Artikel kami lainnya seperti Cara Menonaktifkan Login Root di SSH dan penjelasan dan cara penggunakan IPTables dan FirewallD.

Tags: , ,

Author by : H.G. Ramadhan

H.G. Ramadhan adalah Technical Support Manager dari Herza.ID. Memiliki pengalaman didunia IT kurang lebih 18 tahun. Memiliki Sertifikasi dari RedHat Certified System Administrator (RHCSA) dan cPanel Professional Certified (CPC). H.G. Ramadhan senantiasa selalu membuat Konten Artikel yang menarik yang bisa membantu Anda dalam mengelolah Layanan Anda di Herza.ID.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.