fbpx
 

Pengertian, Fungsi dan Bahan Pertimbangan Dalam Memilih VPS Murah

Pengertian, Fungsi dan Bahan Pertimbangan Dalam Memilih VPS Murah

Apakah website Anda sering mengalami downtime dan lambat? Atau Anda mengelola beberapa situs web? Jika jawabannya “ya” maka sudah saatnya Anda beralih menggunakan ke VPS. Dengan beralih ke VPS, kinerja situs bisa semakin optimal. Sedangkan jika Anda memiliki beberapa web, ada baiknya dikumpulkan dalam satu naungan VPS murah berkualitas, keuntungannya lebih mudah mengontrol, memantau dan menyesuaikan kebutuhan masing-masing web.

Ada banyak keuntungan lainnya jika Anda menggunakan VPS Indonesia. Namun sebelum kita membahas mengenai keuntungan dan poin penting untuk bahan pertimbangan memilih VPS, ada baiknya ketahui terlebih dahulu pengertian dan fungsi VPS sebagai berikut.

Apa Itu VPS?

Virtual Private Server atau lebih dikenal dengan singkatannya VPS adalah server pribadi yang resource-nya hanya digunakan oleh satu pengguna. Artinya, pengguna dapat mengelola dan mengontrol secara penuh semua konfigurasi serta resource VPS dan melakukan apapun.

VPS menggunakan teknologi virtualisasi hardware server fisik yang dibagi menjadi beberapa resource. Disebut virtual karena pembagian ke beberapa resource menggunakan software jadi dalam satu server fisik terdapat beberapa VPS.

Jika dianalogikan secara sederhana, server fisik adalah sebuah komplek perumahan sedangkan VPS adalah rumah yang ditempati, dimana di dalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur, halaman, dapur, dan kamar mandi.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan baca Artikel kami tentang Apa itu VPS Hosting.

Fungsi VPS

Untuk Website Dengan Traffic Tinggi

Jika website yang Anda kelola traffic nya sudah sangat tinggi dan menggunakan layanan shared hosting, sebaiknya pindah ke layanan VPS. Jika tidak beralih dapat mengganggu resource bersama dalam satu server shared hosting dan mengakibatkan suspensi domain.

Baca juga Artikel kami tentang Perbedaan Antara Shared Web Hosting dan VPS.

Biasanya penyedia layanan hosting akan memberi tahu jika traffic sudah terlalu tinggi dan menyarankan untuk pindah ke VPS. Anda juga dapat mengecek traffic secara berkala agar mengetahui dan dapat menentukan waktu yang tepat untuk pindah.

Untuk Web Hosting Skala Kecil

Jika Anda bergerak di bidang jasa developer atau jasa pembuatan website, bisa menggunakan VPS untuk web hosting para klien. Dengan menggunakan layanan VPS, Anda dapat mengontrol sepenuhnya website-website yang menggunakan di host dalam VPS Anda.

File Hosting

Ada banyak situs penyimpanan file/data, seperti Dropbox, Zippy Share, Google Drive, MediaFire, dan situs lainnnya. Dengan adanya situs tersebut mempermudah proses penyimpanan file dan mengaksesnya secara online.

Dengan VPS memungkinkan untuk menyimpan file dengan ukuran besar, baik untuk diakses sendiri ataupun oleh para pengunjung.  Fitur ini tidak akan Anda dapatkan di layanan shared hosting karena biasanya hanya diperbolehkan untuk kepentingan, keperluan pembuatan web.

Remote Desktop

Jika menggunakan VPS, Anda dapat mengakses dan menggunakan server secara remote dari komputer Anda. Artinya kontrol penuh ada pada diri Anda, dimanapun tanpa dibatasi oleh lokasi.

VPS Sebagai VPN

VPS Indonesia murah juga dapat digunakan sebagai Virtual Private Network (VPN). VPN adalah jaringan-jaringan yang terhubung melalui jaringan internet yang hanya dapat diakses oleh orang-orang yang terdaftar. VPN ini membutuhkan server yang fungsinya untuk menghubungkan antar perangkat, bisa berupa komputer atau VPS yang terinstal VPN server.

Fungsi VPS menjadi VPN ini umumnya dimanfaatkan oleh organisasi atau perusahaan yang membutuhkan jaringan private, misalnya hanya diakses untuk anggota atau karyawan saja.  Karena fungsi ini, VPS dapat untuk penyimpanan data penting, namun tetap bisa dibagikan atau ditukarkan dengan data secara aman (dengan catatan masih dalam jaringan VPN).

Server Percobaan

Jika Anda sedang melakukan percobaan atau proses mengembangkan aplikasi, software, framework atau sistem operasi, tentu membutuhkan server yang memadai. Solusinya adalah menggunakan VPN. Keuntungan lainnya Anda dapat membangun custom mission critical software dan fitur-fitur memadai dengan biaya murah.

Private Backup Atau Backup Server Utama

Perlu Anda ketahui semua server rentan kehilangan data, penyebabnya bisa karena kesalahan konfigurasi atau dibobol orang tidak bertanggung jawab. Jika menggunakan layanan VPN, Anda tidak perlu khawatir, karena data-data terakhir akan disimpan secara update. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada server utama, masih bisa mem-backup/di-restore.

Pertimbangan Penting Dalam Memilih VPS

Setelah mengetahui apa saja fungsi VPS, langkah selanjutnya adalah pahami kapan waktu yang tepat Anda pindah ke layanan VPS Indonesia, yaitu jika:

  • Website Anda trafficnya sudah terlalu tinggi hingga resource shared hosting tidak bisa menampungnya.
  • Website yang Anda kelola menyediakan layanan streaming.
  • Anda menginginkan server dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi.
  • Anda menginginkan kontrol terhadap server dan akses root.
  • Anda sudah mengetahui pengetahuan serta keahlian bagaimana cara mengelola VPS.

Jika Anda sudah yakin dan mantap beralih ke layanan VPN, jangan terburu-buru memilih. Karena umumnya penyedia layanan server cloud memberikan pilihan dengan spesifikasi berbeda-beda. Anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan. Masalah biayanya, semakin besar spesifikasinya maka harganya juga semakin mahal.

Nah berikut ini beberapa poin penting yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih VPS.

Harddisk

Poin penting yang perlu dijadikan pertimbangan adalah harddisk (HDD) yang digunakan. Sekarang sudah banyak penyedia layanan VPS yang menggunakan SSD guna mendukung server. Keuntungan SSD adalah dibandingkan dengan SATA dan SAS, kemampuan SSD membaca data lebih cepat dengan IOPS yang lebih tinggi.

Selain itu pertimbangkan juga kapasitasnya. Apabila sistem website membutuhkan disk space yang besar namun kapasitas disk yang disewa kecil maka kemungkinan besar VPS Indonesia murah yang Anda sewa ditangguhkan karena mengalami overload.

Backup

Kemampuan backup data menjadi pertimbangan yang harus masuk dalam list Anda. Tidak sedikit yang menggunakan VPS untuk menyimpan data klien, namun sayangnya tidak disiplin melakukan backup. Bahkan ada yang sampai menyebabkan hilangnya data karena tidak ada backup data.

Lokasi

Tidak semua VPS Indonesia servernya disimpan di Indonesia, sebagian provider menggunakan server yang lokasinya di luar negeri. Lokasi menjadi pertimbangan penting memilih VPS karena mempengaruhi koneksi server dan klien. Tentu Anda tidak ingin terjadi delay saat pengiriman data ke server.

Selain itu, lokasi juga menjadi pertimbangan bagi yang membutuhkan rasa percaya dan aman. Karena belum tentu, misalnya perusahaan yang lokasinya di Amerika, servernya juga di Amerika. Bisa jadi ternyata server VPS yang dipakai ternyata di Indonesia atau negara lain.

Sistem Operasi

Poin terakhir yang patut dijadikan bahan pertimbangan adalah sistem operasinya. Umumnya VPS dijalankan menggunakan Linux. Walaupun demikian ada juga yang menggunakan Windows. Pilihlah yang sesuai kebutuhan apakah ingin Linux atau Windows.

Jadi Kesimpulannya …

Penggunaan Virtual Private Server (VPS) sangat membantu khususnya bagi website yang traffic pengunjungnya sudah tinggi. Jika masih tetap mempertahankan menggunakan shared hosting, web Anda bisa mengalami overload akibatnya web tidak bisa diakses. Kelebihan lainnya, VPS  Indonesia  murah adalah bisa dijadikan alternatif untuk menyimpan data serta menjadikan web server.

Sekarang, di Indonesia sudah banyak penyedia layanan VPS murah yang bisa dijadikan pilihan untuk membangun website yang andal. VPS Indonesia menawarkan spesifikasi yang beragam dengan harga murah.

Nah, jika web Anda membutuhkan fungsi yang sudah dijelaskan di atas, jangan ragu untuk menggunakan VPS. Bisa dibilang VPS murah merupakan jalan tengah bagi Anda yang menginginkan fitur-fitur mirip dedicated server namun dengan harga murah. jika di antara pembaca ada yang ingin berbagi informasi atau saran, silakan menuliskannya di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tags: , ,

Author by : H.G. Ramadhan

H.G. Ramadhan adalah Technical Support Manager dari Herza.ID. Memiliki pengalaman didunia IT kurang lebih 18 tahun. Memiliki Sertifikasi dari RedHat Certified System Administrator (RHCSA) dan cPanel Professional Certified (CPC). H.G. Ramadhan senantiasa selalu membuat Konten Artikel yang menarik yang bisa membantu Anda dalam mengelolah Layanan Anda di Herza.ID.

1 thought on “Pengertian, Fungsi dan Bahan Pertimbangan Dalam Memilih VPS Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.