fbpx
 

Perbedaan Web Hosting dan VPS

Perbedaan Web Hosting dan VPS

Dalam banyak hal, Shared Web Hosting mirip dengan paket data keluarga: Tanggung jawab dibagi di antara pengguna, dan Anda akan berada dalam masalah jika Anda melebihi porsi sumber daya yang dialokasikan untuk Anda. VPS Hosting, bagaimanapun, lebih seperti paket data individual. Meskipun Anda akan membayar lebih banyak uang untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak sumber daya dan kontrol atas mengubah pengaturan data Anda sesuai keinginan Anda.

Memilih layanan hosting yang tepat tergantung pada beberapa faktor, termasuk kebutuhan sumber daya, tuntutan kinerja, persyaratan keamanan, kendala biaya, preferensi administrasi server, dan harapan skalabilitas

Perbedaan Antara Shared Web Hosting dan VPS Hosting

Sederhananya, shared hosting berarti situs Anda akan berbagi server yang sama dengan banyak situs lainnya. Ini biasanya pilihan untuk Web Hosting Murah tetapi hadir dengan bandwidth terbatas, administrasi, dan kemampuan kinerja. VPS Hosting adalah opsi yang lebih premium, dengan kemampuan untuk kustomisasi yang lebih besar dan peningkatan kinerja. Tetapi, seperti halnya layanan premium, Anda harus membayar lebih untuk mendapatkan lebih banyak.

Selanjutnya, kami akan membahas poin-poin utama untuk dipertimbangkan ketika memilih antara Shared Web Hosting dan VPS.

Baca juga Artikel kami tentang Perbedaan VPS OpenVZ dan KVM

1. Sumber Daya Server

Seperti namanya, pelanggan hosting bersama atau Shared Hosting berbagi sumber daya server, sedangkan pengguna VPS atau Dedicated Server mendapatkan server yang didedikasikan untuk kebutuhan situs mereka. VPS terletak di area abu-abu di tengah sekelompok server virtual yang berada dalam satu server hardware yang sama bertindak sebagai entitas perangkat keras khusus mereka.

Hosting Bersama

Saat Anda berbagi sumber daya server dengan yang lain, Anda akan menghadapi beberapa batasan. Meskipun tidak ada satu akun yang akan memengaruhi penggunaan orang lain, akan ada CPU, memori / RAM, dan ruang disk maksimum yang sudah dilimitasi. Situs web Anda tidak akan dapat menggunakan sumber daya di luar batas maksimum yang diizinkan. Ini mungkin bukan masalah besar jika situs web Anda tidak membutuhkan banyak ruang atau kekuatan pemrosesan.

VPS Hosting

Dengan VPS Hosting, Anda akan menikmati ruang disk pribadi yang lebih besar dan ketersediaan sumber daya keseluruhan yang lebih tinggi. Ini akan diperlukan jika Anda ingin memperluas bisnis Anda dan perlu menawarkan pelanggan pengalaman pengguna yang melampaui tingkat hosting bersama dasar.

2. Kinerja

Seperti yang Anda tebak, lebih banyak sumber daya berarti lebih banyak kinerja. Shared Web Hosting hanya sebagai performan seperti teknologi yang diterapkan host Anda untuk kecepatan (misalnya SSD, perangkat lunak caching, CDN, dll.). Biasanya, Anda memiliki kontrol lebih besar atas faktor kinerja dengan VPS, tetapi mari kita sedikit lebih mendalam.

Shared Web Hosting

Seperti halnya rencana bersama, situs web lain mungkin dapat memengaruhi kinerja situs web Anda – risiko yang Anda jalankan dengan memilih paket hosting bersama yang lebih ekonomis. Namun, jika tuntutan kinerja Anda terbatas dan Anda menghargai kemudahan pemeliharaan, hosting bersama kemungkinan akan menghasilkan pengembalian investasi yang lebih tinggi.

VPS Hosting

Tidak mengherankan bahwa hosting VPS menawarkan kinerja keseluruhan yang lebih baik berdasarkan bandwidth yang ditawarkan pengguna. Anda akan memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk mengonfigurasi aplikasi Anda di server, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki administrator sistem khusus untuk menjaga server berjalan dengan lancar. Jika Anda memiliki permintaan lalu lintas tinggi atau beberapa situs untuk dikelola, VPS akan menjadi pilihan yang lebih baik.

3. Keamanan

Meskipun berbagi sumber daya server memberikan manfaat besar dari sudut pandang biaya, hal itu dapat mendatangkan malapetaka pada masalah keamanan. Itu benar-benar tergantung pada seberapa banyak penyedia hosting telah berinvestasi (baik operasional / tim dan sumber daya keuangan murni) dalam memastikan perlindungan khusus untuk pelanggan hosting bersama.

Hosting Bersama

Meskipun shared hosting dianggap sangat aman, perlu diketahui bahwa pelanggaran keamanan dapat terjadi hanya karena server umum tidak dapat menjamin keamanan 100%. Alasan utama untuk ini adalah apa yang kami sebut masalah Noisy Neighbor – atau fakta bahwa ketika satu pelanggan hosting bersama membuat kesalahan atau mengalami kesulitan teknis, kemungkinan akan berdampak pada situs lain karena Anda semua berbagi ruang di mesin yang sama.

Shared Web Hosting VS VPS Hosting

Sementara VPS dan hosting bersama melibatkan berbagi sumber daya satu server, mereka memiliki perbedaan yang berbeda.

Dukungan pelanggan kemungkinan juga akan terbatas dibandingkan dengan hosting VPS. Namun, jika situs Anda tidak membutuhkan informasi pribadi yang sensitif dari pengguna, Anda tidak akan memiliki masalah dengan hosting bersama.

VPS Hosting

Anda dapat memastikan keamanan situs Anda dengan fitur keamanan yang lebih kuat yang hanya tersedia melalui hosting VPS. Jika anggaran Anda memungkinkan, Anda dapat menerapkan layanan dukungan pelanggan yang lebih baik yang akan membantu pelanggan ketika mereka membutuhkannya. Jika bisnis Anda perlu melindungi data pribadi, ada baiknya mempertimbangkan peningkatan ke VPS.

Baca Artikel kami tentang penjelasan mendalam mengenai Apa itu VPS Hosting.

Herza.ID mendukung Layanan VPS dengan SSD & RAID 10 untuk stabilitas dan keamanan data Anda. Disamping itu, Herza.ID memiliki beberapa layanan VPS sebagai berikut:

Tags: , , , , ,

Author by : H.G. Ramadhan

H.G. Ramadhan adalah Technical Support Manager dari Herza.ID. Memiliki pengalaman didunia IT kurang lebih 18 tahun. Memiliki Sertifikasi dari RedHat Certified System Administrator (RHCSA) dan cPanel Professional Certified (CPC). H.G. Ramadhan senantiasa selalu membuat Konten Artikel yang menarik yang bisa membantu Anda dalam mengelolah Layanan Anda di Herza.ID.